Featured Post 6

SEGENAP KOMUNITAS CYBERMEDIA COMMUNITY MENGUCAPKAN MINAL AIDHIN WAL FA IZIN MAAFKAN LAHIR DAN BATIN
Jika Anda Ingin Pasang Iklan Anda disitus Ini silahkan Hubungi Admin di 085294942040 (Poetra)

Sabtu, 31 Desember 2011

Buktikan kamu bukan Robot !



Di Internet, Tak Ada yang Tahu Kamu Adalah Seekor Anjing. ini adalah judul dari kartun karya Peter Steiner dimuat di The New Yorker, " On The Internet, Nobody Knows You're a Dog ".

Yang menjadi masalah disini, tentu saja bukan ada anjing yang bisa berperilaku seperti manusia namun karena ada manusia yang bisa membuat mesin (program) yang bisa berperilaku seperti manusia. Kenapa bermasalah?

Internet memberikan banyak kemudahan seperti Anda bisa membuat dan mengirim email dengan mudah, Anda bisa mengirimkan pesan dan berdiskusi di dalam forum, artikel dan lain sebagainya. Manusia yang tampak kemudian memanfaatkan kemudahan ini untuk keuntungan pribadinya yaitu dengan mengirimkan banyak sekali email dan pesan-pesan sampah keseluruh dunia atau yang biasa dikenal dengan SPAM.

Karena untuk mengirimkan email kepada jutaan pengguna dan mengelola alamat tempat pengiriman membutuhkan kerja yang sangat keras, para Spammer ini membuat program yang bisa mengerjakan semua tugas ini secara otomatis. Program inilah yang sering dinamai sebagai (ro)bot dan ini tentu membuat internet menjadi tempat yang tidak nyaman lagi. Jangan heran, bila ada yang membuat email sampai ribuan buah dalam waktu singkat dan mengirimkan email berjumlah jutaan ke seluruh dunia.


Captcha

Captcha ( Completely Automated Turing Test To Tell Computers and Humans Apart ), adalah ujian yang digunakan untuk membedakan mesin dan manusia. Sebagai contoh, Captcha ini lazim digunakan di halaman registrasi situs web untuk memastikan bahwa proses tersebut hanya dapat dilakukan oleh manusia, dan bukan oleh script ataupun program yang berjalan secara otomatis. Oleh karena itu, ujian Captcha dibuat sedimikian rupa sehingga manusia bisa mengerjakannya, sementara teknologi komputer terkini tidak bisa mengerjakannya dengan akurat.

Memang, saat ini kemampuan berpikir komputer dalam banyak hal bisa mengalahkan kemampuan otak kiri manusia, terutama dalam hal berhitung, namun kemampuan berpikir komputer tidak (atau belum?) bisa mengalahkan kemampuan otak kanan manusia. Kelebihan manusia dan kekurangan komputer inilah yang dimanfaatkan dalam teknik Captcha untuk membedakan keduanya.


Bentuk Captcha yang paling umum adalah berupa gambar yang mengandung kode tulisan di dalamnya. Bagi manusia (asalkan tidak buta) sekilas saja kode ini sudah bisa dibaca dan dimengerti. Namun bagi komputer, gambar hanyalah kumpulan kode warna di setiap pixel. Dibutuhkan proses yang sangat rumit bagi komputer, untuk bisa mengenali objek-objek yang ada pada gambar, apalagi untuk bisa memahami arti dari sebuah gambar.

Fungsi Captcha secara otomatis menjadikannya sebagai musuh utama para spammer, karena dengan adanya Captcha, robot andalan para spammer tidak bisa lagi leluasa. Tanpa Captcha, program robot buatan spammers bisa meniru manusia dalam banyak hal, misalkan untuk mengirim email, mengisi form, mendaftar pada suatu layanan, hingga mengisi polling. Dan karena ini dilakukan melalui program, semuanya bisa terjadi serba cepat dan otomatis sehingga menghabiskan sumberdaya situs yang bersangkutan, dan pada akhirnya mengurangi kualitas layanan ke pengguna yang sesungguhnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More