Featured Post 6

SEGENAP KOMUNITAS CYBERMEDIA COMMUNITY MENGUCAPKAN MINAL AIDHIN WAL FA IZIN MAAFKAN LAHIR DAN BATIN
Jika Anda Ingin Pasang Iklan Anda disitus Ini silahkan Hubungi Admin di 085294942040 (Poetra)

Sabtu, 31 Desember 2011

Enaknya Kerja di Google

Google merupakan cermin keberhasilan sebuah industri internet. Google menjadi search engine nomer satu di dunia. Pendapatannya setiap tahun mencapai ratusan triliun rupiah. Dengan pendapatan yang begitu besar itu tidak mengherankan kalau google mampu memberikan kesejahteraan yang luar biasa kepada para karyawannya. Gaji tinggi dan fasilitas melimpah! Hal ini yang akan dibahas pada artikel ini.


Bagaimana google yang didirikan duo anak muda, Larry Page dan Sergey Brin, mampu memberikan kenyamanan bekerja yang luar biasa kepada para karyawannya, melebihi perusahaan-perusahaan non-internet lainnya. Sebuah bukti betapa dahsyatnya kekuatan Internet.

Coba tebak berapa kira-kira berapa gaji pegawai Google dan fasilitas apa saja yang didapatkan?

Kalau dihitung-hitung, sebuah penelitian mengungkapkan, pegawai yang baru bekerja setahun di Googlebisa mengumpulkan sekitar USD 250,000. Kalau di rupiahkan dengan nilai tukar sebesar Rp 10.000 saja, gaji setahun seorang karyawan Google senilai Rp 2,5 milyar. Wow!!!

Jika karyawannya saja bisa mendapatkan penghasilan begitu besar, berapa kira-kira kekayaan pendirinya? Menurut Majalah Forbes, kekayaan Larry Page dan Sergey Brin masing-masing sekitar USD 16 milyar.
Mungkin kemudian Anda berpikir apa Google tidak rugi dengan menggaji karyawannya sebegitu besar.
Jelas tidak! Karena pendapatan Google masih jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkannya. Tahun 2008 lalu saja, di tengah bayangan krisis ekonomi global, Google masih mampu menghasilkan pendapatan USD 16.6 miliar (sekitar Rp 182.5 triliun) dengan laba bersih kurang lebih USD 4.23 miliar (Rp 46.5 triliun). Pendapatan Google ersebut juga masih jauh lebih besar dibanding Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) DKI Jakarta 2009 yang cuma sekitar Rp 22, 42 Triliun.
Dengan pendapatan yang sangat besar itu tidak heran kalau Google mampu memanjakan para karyawannya. Bukan cuma gaji besar, namun aneka fasilitas berlimpah dinikmati para karyawannya.
Semua perhatian besar Google pada karyawannya itu bermuara pada terbentuknya ikatan yang kuat sebagai sebuah keluarga Google. Hasilnya positif bagi Google. Sampai sekarang Google tetap memimpin sebagai search engine terbesar di dunia. Tingkat perpindahan karyawan Google juga termasuk yang rendah. Inovasi dan produk layanan Google terus berkembang seperti dengan adanya Google Book Search, Google Video Store, dan lainnya.
Hal ini bisa menjadi bukti betapa kedahsyatan internet telah mampu membuat sebuah perusahaan yang sebelumnya tak pernah dikenal pada 15 tahun lalu, namun sekarang mengalami lompatan yang luar biasa dan menjadi perusahaan paling dikenal di seantero jagad dan mampu menyejahterakan karyawannya secara luar biasa.
Mau tahu apa sajakah fasilitas karyawan Google, perusahaan yang dirintis Larry Page dan Sergey Brin dari sebuah kamar asrama Universitas Stanford itu?
Tempat kerja yang penuh dengan fasilitas, dan suasana yang santai, ada yang sedang berbaring ketika mereka sedang beristirahat.
Staf-staf di Google sangat menyukai olahraga, Mereka sering melakukan pertemuan di kolam renang atau meja di corridors.
Suasana santai di Google dapat ditunjukkan oleh fakta bahwa staf dapat membawa hewan peliharaan mereka untuk bekerja, dan hewan peliharaan diizinkan untuk bergelimang di sekitar kantor.
Banyak orang memiliki peliharaan di Google.
Ada sebuah aturan dalam Google : yaitu selalu terdapat banyak makanan yang selalu berjarak tak lebih dari 100 kaki dari setiap karyawan.
Hal ini terlihat seperti toko mainan lebih dari satu meja kerja!

Ada sebuah rumor, bahwa ada seseorang yang bernama Dude baru saja bergabung dengan Google dan belum dapat menemukan sebuah apartemen, sehingga dia tinggal di Google selama satu bulan. Dia tinggal jauh lebih baik dari Tom Hanks di The Terminal. Makan disediakan, kue di mana-mana, terdapat shower di kamar mandi, tempat latihan dan kolam renang. Ada pula piano musik yang terdapat di kamar Anda yang dapat digunakan. Lebih baik dibandingkan dengan fasilitas di rumah! The dude tidak meninggalkan Google langsung selama satu bulan.

Semua itu terlihat sangat senang, karena terdapat banyak macam permainan.

Papan tulis di Google yang selalu di isi dengan ide-ide dari segala jenis bahasa yang berbeda.

Ada makanan gratis di seluruh tempat, dan hampir seperti supermarket.

Hmmmmmmmmm Coklat !!!

Terdapat juga untuk menggunakan ruang binatu untuk para staf.

Kita sudah tahu bahwa bekerja untuk Google berarti gaji yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan teknologi lain dengan berbagai tunjangan menarik, selain itu, Google juga sangat memperhatikan kesehatan karyawannya, seperti yang dapat Anda lihat dari kapsul pelepas stres yang kedap suara dan cahaya ini.

Sebuah perosotan memungkinkan Anda untuk turun ke lantai bawah dengan cepat, mereka juga menyediakan tiang seperti yang digunakan oleh para pemadam kebakaran.

Makanan: karyawan dapat makan sepuas-puasnya dari berbagai jenis makanan dan minuman.

Tempat kerja: setiap karyawan memiliki sekurang-kurangnya dua layar besar.

Inovasi: banyak papan tulis besar di mana-mana karena “ide tidak selalu datang saat kita duduk dalam ruangan.”

Hiburan: bilyar, video game dan lain-lain tersedia di banyak tempat.

Komunikasi: setiap lantai memiliki kabin khusus yang dapat Anda pakai.

Dukungan teknis: komputer Anda bermasalah? Tidak masalah… bawa saja ke area ini di mana Anda dapat minum-minum sembari menunggu komputer Anda diperbaiki.

Kesehatan: pemijat profesional juga disediakan.

Istirahat: ruangan ini menyediakan kursi pijat yang dapat Anda gunakan sambil menikmati aquarium.

Atmosfir: ada banyak sekali buku dalam perpustakaan ini, bahkan buku pemrograman!

Nah sekarang apa Anda sudah berminat untuk melamar kerja di Google!!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More